fbpx

Berasa Model Peringatan Kesehatan, Dadang Minta Royalti

Model rokok menggendong bayi mengadu setelah enam tahun silam.

Seorang pria asal Kuningan, Jawa Barat, Dadang Mulya (42) sedang ramai disorot oleh media online nasional. Karena diduga sebagai model foto peringatan kesehatan yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Dadang menuntut penyalahgunaan fotonya, bertumpu kepada kesaksian bahwa foto tersebut adalah fotonya yang diambil tanpa izinnya di tahun 2012. Sebuah listing peringatan kesehatan international menunjukan foto yang diklaim oleh Dadang, telah digunakan juga di Thailand pada tahun 2005.

Dalam kesaksian Dadang, Ia sangat yakin bahwa foto tersebut adalah foto dia yang diambil saat menonton sebuah pertandingan bola di Kecamatan Pancalang di dekat kediamannya. Dadang merasa foto yang terpajang di peringatan kesehatan itu diambil tanpa perizinannya.

Setelah enam tahun foto tersebut disebar ke publik, ia memutuskan untuk mengadukan ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPKS), setelah bertemu dengan anggota Polsek Pancalang.

“Saya yakin itu foto saya meski banyak yang meragukannya,” kata Dadang Mulya kepada Tribun Jabar. “Di mobil itu ada empat orang pria, yang memotret saya duduk di belakang, kaca mobilnya dibuka.”

Sebuah pernyataan dari Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes Riskiyana Sukandhi, memastikan legalitas foto yang terpampang di produk-produk yang memiliki peringatan kesehatan tersebut. Menekankan bahwa jangan mengangkat isu yang enggak penting untuk celah sebuah pihak mencari keuntungan pribadi.

“Jadibrowsingbahwa gambarpictorial health warningseluruh dunia itu ada badan yang menyimpan itu, dan itu bisa diakses yang disetujui mana,” jelas Rizky

Be the first to comment.

You must be logged in to leave a comment.

Related News

Cerita Dibalik Sistem Profit Sharing di Jakarta

Sekarang, dari segi klab sampai ke kafe dan restoran, budaya profit sharing seri...

Melihat Ata Ratu Live di Bali

Sang Ratu Jungga yang sudah lebih dari 40 tahun berkarya, menyanyikan lagu-lagu ...

Kru Graffiti BTV di Podcast Terbaru GOODNWS

Dalam edisi terbaru podcast #SAYGOODNWS, Goodnws mengundang beberapa anggota kru...

Garapan Kolaborasi “Bali Project” oleh Sekeha Okokan Brahma Diva dan Bali Extreme Drummer

Pada saat itu hujan lebat, gelap gulita, kilat, dan petir bersamaan dengan suara...