fbpx

Dok of The Day: Soundbreaking (2016)

Untuk tambah sedikit wawasan bagi penikmat musik dan pelaku industri. Semoga bermanfaat.

Salah satu film dokumenter musik yang masih nyangkut, Soundbreaking mengupas tentang produksi musik dari yang paling dekat dengan manusia yaitu suara vokal, sampai inovasi gitar listrik dan drum machine. Mempertemukan kemampuan manusia dengan teknologi modern. Dokumenter produksi PBS tahun 2016 silam ini dibagi dalam 8 episode, di setiap episodenya bahas tuntas dari era musik modern sampai sekarang dengan menampilkan narasumber dari pelaku industri musik produser dan musisi dari berbagai macam genre. Bagi penikmat musik dokumenter ini penting banget.

Episode pertama dimulai dengan berseni dalam rekaman yang menceritakan tentang George Martin dengan The Beatles, proyek revitilasi Johnny Cash yang dikerjakan Rick Rubin di tahun 1990an. Disambung episode kedua yang menceritakan teknologi multi tracking dengan pita di lagu Tomorrow Never Knows-nya The Beatles, sampai era digital yang seperti Loser milik Beck, dan lagu-lagu Radiohead.

Episode-episode yang lain juga tidak kalah menariknya, mulai dari pembahasan masuknya electric, metode sampling, betapa pentingnya energi vokal manusia dan manipulasi suara sampai yang tidak begitu penting tapi penting di zamannya, musik video mengambil alih pentingnya radio, apalagi kalau bukan MTV dan era sekarang dimana masuknya MP3 dan iPod sampai digital musik platform.

Sejarah industri musik rekaman diceritakan kurang lebih 90 menit per episode di segala aspek dalam produksi musik, PBS yang selalu tidak pernah gagal dalam hal edukatif. Evolusi musik sangat terlihat dari era Delta Blues yang mempengaruhi Rolling Stones sampai perkembangan EDM dari sebelum zaman disco sampai Skrillex dan Tiesto. Cukup dengan ceritanya, silahkan unggah filmnya dimanapun anda berada.

Be the first to comment.

You must be logged in to leave a comment.

Related News

Memetakan Arus Bawah: Dari Budaya Berbagi, Perform...

Indonesia Netaudio Festival hadir kembali setelah absen selama empat tahun.

Xeroxed 5×2: Pasukan Cetak yang Mulai Menggeliat

Belakangan ini, dunia percetakan dan penerbitan kelompok kecil kembali bermuncul...

Visualisasi Lagu dengan Fotografi bersama Bikin Ru...

Bikin Ruang menggelar pameran foto dengan tema visualisasi lagu, berkolaborasi d...

Garapan Kolaborasi “Bali Project” oleh Sekeha ...

Pada saat itu hujan lebat, gelap gulita, kilat, dan petir bersamaan dengan suara...