fbpx

Novel Grafis tentang Basquiat akan dirilis

Cerita kehidupan Basquiat versi komik

Apa yang terjadi kalau cerita tentang seorang seniman legenda, Basquiat dijadiin novel grafis? Seperti yang dikerjakan oleh seorang illustrator bernama Paolo Parisi, yang sebelumnya pernah menulis dan mengilustrasikan cerita kehidupan Billie Holiday dan John Coltrane. DIpublikasikan Laurence King, graphic novelini menceritakan kehidupan Basquiat dari zamannya masih main di ranah sekitar street art sampai kancah internasional, dengan semangatnya yang besar di skena kesenian New York pada akhir 1970an dan awal 1980an. Dimana punk, jazz, graffiti, hip-hop hidup banget budayanya dan berhasil bikin ia pindah dari Brooklyn ke Lower Manhattan waktu usianya masih 15 tahun.

Dengan judul “New Art/New Money” Parisi mengambil sisi cerita hubungan si seniman dengan penjual-penjual karya seni terkenal seperti Aninna Nosei, Mary Boone, dan Larry Gagosian. Semuanya terlihat berlomba-lomba untuk bekerja dengannya dan melihat karyanya menjadi mesin uang di tahun 1980an. Seperti kita lihat sampai sekarang karyanya enggak pernah mati.

 

Diceritakan dari sudut pandang orang-orang yang mengenalnya seperti ayahnya, mantan kekasihnya, mantan agennya dalam adegan-adegan yang sinematik. Detail-detail di di graphic novel ini mungkin dibikin sedikit berlebihan. Hidupnya yang penuh dengan drama menjadi inspirasi dari film biopic sampai musical Broadway.

Disini Parisi menginterpertasikan kehidupannya dengan lumayan bebas, yang mencerminkan hidupnya dan karya seninya Basquiat. Kehidupannya yang mungkin terkesan cukup negatif; seperti kecanduan narkoba dan kesombongannya, semua diceritakan dengan apa adanya. Tarikan warna Parisi, begitupun dengan gaya menulis dan ceritanya, semua hampir sama indahnya. Graphic novel ini akan dirilis tanggal 11 Juni 2019 mendatang.

Be the first to comment.

You must be logged in to leave a comment.

Related News

Sebuah Pengalaman Musikal Epik di Spasial

Subtractive, sebuah acara yang digagas oleh Spasial, Sorge Records, Hema Records...

Aktivitas Foto Prewedding Mengganggu Wisatawan di Bali

Apapun tujuannya, pemotretan prewedding bukanlah suatu hal yang tercela.

Pendekatan Intim Kolektif di Banjar Campout 2018

Perhelatan kedua dari Banjar Campout kali ini berlangsung di sebuah Area Perkema...

OPTIMAL : Frekuensi Antara Launch Party

Keramaian dan kemacetan pada Minggu malam di Jalan Taman Kemang, 7 Juli lebih op...