fbpx

Mabok Makanan Padang di Minang Re-Edits

Lain kali kita soju-sojuan di Pagi Sore.

Sebagai salah satu program kolaborasi terbarunya, bar Slits menonjolkan attitude eksperimentalnya dengan membawa reimajinasi hidangan Minang bersama fotografer polaroid Mutia Taufieq. Dengan judul Minang Re-edits, Seb Subakti —selaku kepala Food & Beverage di Slits — dan Mutia menyediakan lima buah pairing course yang memadukan hasil modifikasi hidangan Minang dengan cocktail garapan anak bar Slits, Virky Juanda.

Konsep re-edit ini merupakan hasil experimentasi Mutia dalam kesehariannya yang lahir disebuah rumah tangga Minang, yang kebetulan mengelola sejumlah rumah makan Padang. Mutia yang mengaku bahwa praktek pairing wine dan hidangan Padang merupakan tradisi harian bersama ibunya, telah membentuk palet pairing selama tiga tahun.

“Menurut kita wine memang paling gampang untuk di-pair sama wine karena sifatnya yang membersihkan aftertaste makanan Padang yang berat,” jelas Mutia. “Contohnya, kari-kari jeroan cocok dengan Riesling German atau Balado cocok dengan Rosè Lambrusco Italia.”



Untuk Slits mengadopsi ide Minang Re-edits, diawali dengan kesetujuan kedua pihak dengan adanya pemisahan antar budaya konsumsi makanan dan konsumsi alkohol yang selama ini terpisah. Untuk Seb dan Mutia, keduanya menjelaskan bahwa konsumsi alkohol merupakan bagian dari acara keluarga yang cenderung juga mengakomodasi hidangan yang megah. Melihat bahwa kebanyakan kebiasaan ‘makan dan mabok’ di saat yang bersamaan merupakan hal yang lazim diberbagai budaya, Minang Re-Edits merupakan mashup yang tepat sebagai intro kami ke kebiasaan baru ini.

“Kenapa makanan Indonesia enggak biasa di-pairing? Apalagi dengan kekayaan dan kompleksitas rasanya,” jelas Mutia. “Gua harap kedepannya lebih banyak pairing lagi, mungkin sesuatu kayak Gudeg Jawa dan Pondoh Salak.”

Be the first to comment.

You must be logged in to leave a comment.

Related News

Melihat Ata Ratu Live di Bali

Sang Ratu Jungga yang sudah lebih dari 40 tahun berkarya, menyanyikan lagu-lagu ...

Garapan Kolaborasi “Bali Project” oleh Sekeha Okokan Brahma Diva dan Bali Extreme Drummer

Pada saat itu hujan lebat, gelap gulita, kilat, dan petir bersamaan dengan suara...

Seni Berhala Seni, Menghitung Nilai Investasi di Art Jakarta 2018

Seorang pria berjaket kuning mencairkan suasana serius dengan lawan bicaranya s...

STRETCH – Underground Party Secara Literal di sebuah Galeri Seni Kota Bandung

Platform musik elektronik Offset TV, Roofless Club dan beberapa seniman yang ter...