fbpx

Nyoto Tiap Hari Dalam Setahun

Bosen enggak ya ketemu kuah terus?

Bagaimana rasanya makan soto selama satu tahun setiap hari? Denfarino Endo dalam misi tersebut. Jika kalian kenal dengan Endo sapaan akrabnya, pasti mengetahui bahwa Endo memang pencinta Soto akut. Tidak pernah terpikir olehnya bosen menyantap makanan berkuah tersebut.

“ngga sih kalau bosen, buktinya abis bis kalo makan” aku Endo

Kecintaan Endo dengan masakan kuah kuning tersebut terjadi ketika masa Sekolah Dasar di Jogja. Endo ingat waktu kecil ayahnya sering mengajak sarapan soto setiap akhir minggu.

“dulu pas masih di Jogja waktu SD setiap hari minggu pasti diajak Papaku sarapan soto” ujar pria yang mengaku bisa menyantap soto empat kali dalam seminggu.

Memasuki bulan puasa semangat Endo menjalankan misi 365 hari nyoto tidak kendor, justru semakin seru dan lebih menantang. “jadi kemarin sempet mikir untuk vacum pas puasa tapi akhirnya lanjut” tukas Endo.

Soto adalah makanan umum yang sering kita temui di sudut pertigaan jalan, depan perkantoran, hingga resto-resto tapi tidak untuk Endo. Pria yang berprofesi sebagai arsitek ini mengaku cukup kesulitan mencari soto di Jakarta. “cuman agak bingung terutama di Jakarta, biasanya ngikut arah proyek aja” ujar Endo.


 

View this post on Instagram

Hola sobat soto…nama ku endo @denfarinoendo kalo temen temen deket manggil aku “kingkong”…karena gendut dan item kali yak …:| (penting) dibalik lelahnya rutinitas kerjaan proyek arsitekku tiap hari…tercetuslah sebuah angan tantangan isengg…. jadiii mulai tanggal 1 maret 2019…sebagai penggemar berat makanan indonesia yang dinamakan “SOTO”…aku akan melakukan perjalanan selama satu tahun ke depan atau tepatnya 365 hari untuk makan soto yang berbeda tiap harinya…dimanapun aktivitasku berjalan tiap harinya…ada yang udah di list ada juga yang random…ntah restoran…warung atau gerobak lewat….pokoknya dibawa santai untuk makan soto ;)…dan tentunya juga ada penilaian rasa dr setiap soto yang aku makan dilihat dari pendapat lidahku sendiri..( enak atau asem atau pahit …jujur wes) Inti dr semua ini…selain waktuku seloo bangett turah turah ( waktuku senggang dan sisa sisa) maklum kerja sendiri jadi bisa diantara kesana kemari cek proyek arsitekku, aku mau sharing aja tentang soto itu sendiri dari berbagai macam tema, daerah, rasa,karena soto tuh indonesia banget dan tantangan untuk selalu mencari soto yang beda tiap harinya …bayangkan kalo pas di luar negeri cari soto dimana yak ?….hfftt…serukan? semoga kalian juga bisa ikut mencicipinya kelak…. Oke doakan saya sukses sampai hari ke 365!!! soto till us apart !!! #365harinyoto #anaksotoakutu

A post shared by ENDO MAKAN SOTO (@365harinyoto) on


Di hari ke-69 dalam perjalanan setahun menyantap soto banyak yang Endo pelajari. Pria bertubuh sejahtera itu bercerita setiap daerah memiliki cita rasa soto yang berbeda-beda “ya terutama rasanya emang beda-beda contoh di Jawa Tengah kuahnya bening, Jawa Timur kuah kuning, entah kenapa di Jakarta berbahan dasar santan” cerita Endo.

Selain setiap daerah memiliki keunikan masing-masing Endo juga bercerita di satu daerah sendiri punya berbagai macam soto “Misal nih soto Lamongan atau Ambengan kan dari Surabaya. Nah ada 2 kubu ada yang pakai kentang rebus dan ngga pakai kentang rebus, tapi namanya tetep soto Lamongan” Endo memberikan contoh.

Dalam misi 365 hari nyoto, Endo merasa soto Lamongan di Jakarta memiki rasa yang relative. Soto Kaki Sapi malah menjadi favorite Endo sejauh ini “soto kaki sapi H. Agus barito, gilee gw nyebut ini aja jadi pengen batal puasa” ujar pria yang bisa menyantap soto H. Agus seminggu sekali. “Perpaduan rasa kuah dan isinya enak di lidah aja sih…azigg, hacep lah” ungkap endo mendiskripkan rasa.

Selain soto kaki H. Agus barito, seminggu lalu Endo juga baru menemukan soto kaki yang menjadi favorit barunya “Sama ada 1 lagi favorit baru nyoba di minggu lalu, Soto kaki H. Karim di Gandaria” cerita Endo antusias.

Misi 365 hari nyoto masih menyisakan 278 hari, masih jauh perjalanan Endo untuk menyelesaikan misi ini. Follow akun Instagram@365harinyoto untuk rekomendasi soto di Jakarta, Jogja, dan daerah lainya atau  kalian ingin memberikan bantuan rekomendasi soto untuk Endo coba. Di hari 365, Endo akan memberitahu soto favorit selama hidupnya, yang katanya jika dia kesana bisa habis 5 mangkuk! Penasaran? Tungguin aja di @365harinyoto! Salam soto!

Be the first to comment.

You must be logged in to leave a comment.

Related News

Perbandingan Visual Cerita Sukses Joey Alexander & Rich Brian

Dalam rangka ngabuburit, kami meluangkan waktu "stalking" akun instagram musisi ...

Bertahan di Tengah Arus Gaya Hidup Makanan Bersama Bakudapan

“Mungkin aku sudah harus memulai untuk mengurangi nasi yang banyak sekali meng...

Sebuah Pengalaman Musikal Epik di Spasial

Subtractive, sebuah acara yang digagas oleh Spasial, Sorge Records, Hema Records...

STRETCH – Underground Party Secara Literal di sebuah Galeri Seni Kota Bandung

Platform musik elektronik Offset TV, Roofless Club dan beberapa seniman yang ter...