fbpx

Musik Tempo Cepat Bikin Kamu lebih Cermat Secara Keuangan

Tapi enggak harus dengerin lagu tempo cepat terus-terusan juga sih.

Kelompok peneliti asal Israel mendapatkan hasil penelitian yang mengejutkan

. Dimana kebiasaan mendengarkan lagu dengan tempo cepat dapat berpengaruh baik dalam hal pengambilan keputusan finansial.

Penelitian tersebut menunjukan bahwa orang akan membuat keputusan berinvestasi yang lebih aman saat mendengarkan lagu dengan tempo yang cepat atau membangkitkan semangat. Otak yang kelebihan beban saat bekerja mengolah musik yang cepat akan mendorong kecenderungan untuk menolak resiko. Meskipun setiap orang memiliki kemampuan pengolahan yang berbeda, namun perlu diingat bahwa faktor situasional dapat mempengaruhi cara kita membuat keputusan peting.

Proses riset dilakukan dengan memeriksa bagaimana orang menginvestasikan koin palsu sambil mendengarkan musik tempo rendah, musik tempo tinggi, atau tanpa musik sama sekali. Hasil penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal pracetak SSRN pada 30 Januari, menunjukkan bahwa orang-orang melakukan investasi yang lebih aman sambil mendengarkan musik yang mereka anggap mengganggu, dan bukannya membantu.

Responden dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing mendengarkan lagu Deadmau5 dan Karunesh, lalu diminta untuk menyelesaikan skenario sederhana tentang investasi keuangan. Skenarionya adalah lotere, di mana peserta dapat memilih untuk berinvestasi dalam aset bebas risiko dengan pengembalian yang dijamin atau aset berisiko tinggi namun dengan hadiah yang tinggi. Hasilnya? Keputusan yang lebih baik dibuat oleh mereka yang mendengarkan Deadmau5.

Namun, para peneliti mencatat bahwa studi mereka dibatasi oleh beberapa faktor, termasuk fakta bahwa itu dilakukan dalam pengaturan kelompok dan peserta tidak diizinkan untuk memilih musik yang mereka rasa cocok. Tentu saja, semua orang merasakan musik secara berbeda dan subyektif, dan apa yang mungkin “mengganggu” satu orang belum tentu memiliki efek yang sama pada orang lain.

Be the first to comment.

You must be logged in to leave a comment.

Related News

Bertahan di Tengah Arus Gaya Hidup Makanan Bersama Bakudapan

“Mungkin aku sudah harus memulai untuk mengurangi nasi yang banyak sekali meng...

Melihat Ata Ratu Live di Bali

Sang Ratu Jungga yang sudah lebih dari 40 tahun berkarya, menyanyikan lagu-lagu ...

Memperingati May Day Sebagai Buruh Kreatif

Memperingati May Day bersama Serikat Pekerja Media dan Industri Kreatif untuk De...

Perbandingan Visual Cerita Sukses Joey Alexander & Rich Brian

Dalam rangka ngabuburit, kami meluangkan waktu "stalking" akun instagram musisi ...