fbpx

Cerita Ford mengalahkan Jagoan Le Mans

Perselisihan dua Jagoan Sport Car.

Dongeng lengedaris terbaik adalah cerita tetang sebuah pertengakaran besar. Contohnya, kisah tentang bagaimana Henry Ford II a.k.a. Hank the Deuce berupaya mengakuisisi Ferrari pada tahun 1963, memicu perselisihan selama hampir satu dekade antara dia dan Enzo Ferrari, pria ambisius pemiliki mobil pabrikan Italia.

Cerita tentang perselisihan Ferrari dengan Ford yang mendapatkan sentuhan Hollywood dalam film Ford v. Ferrari yang baru saja tayang dibintangi oleh pemenang penghargaan akademi, Matt Damon dan Christian Bale. Menceritakan sebuah kesepakatan bisnis yang salah dan reaksi dari seorang titan otomotif yang keras kepala dan egois. yang rela menghabiskan $ 25 juta dan ribuan jam kerja teknik untuk membalas harga dirinya. Bagi Ford, itu berarti mengalahkan Ferrari dalam balapan mobil paling bergengsi di dunia, Le Hours 24 Hours, yang sebelumnya didominasi oleh Kuda jingkrak.

Kisah ini berawal dari penurunan penjualan Ford pada produk gagal mereka seperti Edsel ditambah semakin populernya produk saingan dari GM dan Chrysler. CEO Henry Ford II, putra tertua Edsel Ford dan cucu tertua Henry Ford, mati-matian mencari cara untuk mengubah keadaan. Para petinggi eksekutive Ford, termasuk manajer umum Divisi Ford Lee Iacocca, meyakinkan bahwa jawabannya adalah menciptakan mobil sport.

Masalahnya Ford tidak memiliki mobil sport dalam portofolionya, dan tidak ada rencana untuk membangunnya. Tecetuslah ide untuk mengakuisisi mobil buatan Italia dengan ikon kuda jingkrang.

Pada musim semi 1963, setelah berbulan-bulan negosiasi, sebuah perjanjian hampir sampai pada tahap deal. Ford akan membayar $ 10 juta kepada Enzo Ferrari untuk perusahaannya dan semua asetnya., Tetapi pada jam sebelas, Ferrari menolak keras pada klausul dalam kontrak yang mengatakan Ford akan mengendalikan anggaran dansemua keputusan untuk mengatur tim balap Ferrari. Enzo tidak mau melepaskan kendali atas program olahraga motor perusahaannya. Dia mengatakan kepada perwakilan Ford bahwa dia tidak akan pernah menjual di bawah persyaratan itu, dia juga menambahkan, tidak akan menjual kepada perusahaan jelek yang membuat mobil jelek di pabrik jelek.

Perselisihan antara Ford dengan Ferrari pun pecah. Petinggi Ford memutuskan untuk membangun sebuah mobil sport yang akan mempermalukan Ferrari di tempat yang paling penting baginya, 24 Jam Le Mans. Cikal bakal terciptanya mobil balap GT40 yang legendaris.

Pada akhirnya, tim Ford tidak dapat menemukan cara untuk membuat mobil tetap kokoh di landasan, untuk berjalan terus menerus selama 24 jam, dua keharusan untuk menang di Le Mans. Setelah kalah dari Ferrari di Le Mans pada tahun 1964 dan 1965, Ford beralih ke perancang mobil legendaris Los Angeles Carroll Shelby, satu-satunya pembalap Amerika yang pernah menang di Le Mans, untuk menjalankan operasi balapan. Shelby (yang diperankan dalam film oleh Matt Damon) s menjadi konsultan dalam proyek tersebut, tetapi sekarang ia bertanggung jawab atas keberhasilannya atau kegagalan Ford.

Semua kerja keras mereka terbayar, dan GT40 Mk.II lahir. Ford tidak hanya mengalahkan Ferrari di Le Mans pada tahun 1966, itu mempermalukan kuda jantan Italia. Sementara Ferrari bahkan tidak memiliki mobil yang menyelesaikan balapan, GT40 Mk. II mengambil tempat pertama, kedua dan ketiga.

Hasil akhirnya bukan tanpa kontroversi. Di akhir balapan, Miles jauh di depan pembalap lain, dalam perjalanan untuk mengakhiri dominasi Ferrari di Le Mans dan menjadi satu-satunya pembalap yang memenangkan tiga balapan ketahanan terbesar dunia – 24 jam di Daytona, 12 Jam Sebring dan 24 Jam Le Mans di tahun yang sama. Shelby memerintahkan Miles untuk memperlambat dan membiarkan tim GT40 lainnya mengejar ketinggalan. Setelah melewati batas, Miles diberi tahu bahwa dia tidak memenangkan perlombaan. Rekan setimnya, Bruce McLaren masuk garis akhir pertama.


Be the first to comment.

You must be logged in to leave a comment.

Related News

Nonton The Irishman Sesuai Keinginan Sang Sutradara.

The Irishman Film Bagus Tapi "meme"-nya Lebih Baik.

Norwegian Disco: Berkenalan dan merayakan

Buat yang sudah tahu dan mau lebih tahu.

Suka dengan Parasite? Coba tonton film-film ini!

Bersiaplah untuk drama psikologis dengan thrill yang sama, a...

Soundtrack Pink Floyd Yang “Hilang”

Awal ide album Dark Side Of The Moon.