fbpx

Dari dan Untuk Daniel Johnston

Cover version lagu-lagu Daniel Johnston yang wajib disimak.

Di tahun 2017 Daniel Johnston mengumumkan tur terakhirnya. Berpentas dengan dibantu personel Wilco, Built to Spil, hingga Fugazi. Tapi di atas panggung Daniel justru membantah bahwa itu adalah yang terakhir.

Ujungnya takdir berkata lain. Daniel Johnston meninggal di usia 58 tahun pada tanggal 10 September kemarin karena serangan jantung. Hal tersebut dibenarkan oleh mantan manajernya, Austin Chronicle.

Musisi dan seniman eksentrik ini bukan hanya menginspirasi Kurt Cobain dan banyak musisi lain perihal berkarya. Namun juga berhasil memantik mereka untuk menebar cinta. Terutama kepada orang-orang yang berjuang dengan masalah kesehatan mental, seperti Daniel.

Proyek “Hi, How Are You?” adalah buktinya. Diinisiasi sebagai program non profit, the Flaming Lips, Bob Mould, Yo La Tengo, dan lain-lain secara sukarela tampil dalam perayaannya yang diadakan di Austin, Texas pada Januari kemarin. Tak pelak kalau di semasa hidupnya (dan tentunya setelah ia wafat) banyak juga musisi yang pernah membuat penghargaan untuk Daniel Johnston dengan menggubah lagu-lagunya.

 

Karren O – Worried Shoes
Kekanak-kanakan adalah salah satu keganjilan yang terus ada dalam diri Daniel Johnston. Dan dipilhnya lagu milik Daniel untuk soundtrack film ‘Where The Wild Things Are’ adalah keputusan tepat.

Apa lagi jika mendengarkannya sambil menonton potongan-potongan film karya Spike Jonze tersebut. Suara lembut Karen O akan semakin efektif untuk menyayat hati.

 

Yo La Tengo – Speeding Motorcycle
Daniel Johnston akan selalu menjadi amatir dalam bermusik. Lagu-lagunya perlu resonansi dan iringan musik yang lebih baik untuk bisa dinikmati lebih banyak telinga.

Di tahun 1990, dari ruamh sakit jiwa Daniel Johnston pernah menelpon stasiun radio WFMU untuk menyanyikan lagunya; dengan diiringi oleh bintang tamu di studio hari itu, Yo La Tengo. Hasilnya? Menginspirasi band asal New Jersey itu untuk merekam lagu tersebut dan merilisnya dalam album ‘Fakebook’.

Lagunya berjudul ‘Speeding Motorcyle’. Yang pada gubahan ini tidak lagi terdengar risau, tapi justru terasa optimis untuk melarikan diri.

 

Lana Del Rey – Some Things Last a Long Time
Tidak ada yang pernah menyangka kalau penyanyi pop seperti Lana Del Rey terpikir untuk berkolaborasi dengan musisi acak-acakan asal Texas pengidap skizofrenia. Dan bukan hanya merekam cover version dari lagu Daniel, tapi ia juga bertindak sebagai salah satu produser eksekutif untuk dokumenter pendek ‘How Are You, Daniel Johnston?’.

Del Rey melakukannya karena terinspirasi paska menonton dokumenter ‘The Devil and The Daniel Johnston’ yang rilis di tahun 2005. Ia menggubah lagu ‘Some Things Last a Long Time’ ke dalam versi yang justru lebih sederhana, yaitu dalam versi akustik.

 

Wilco – True Love Will Find You in The End
Cover version ini membuktikan kalau nyatanya lagu-lagu Daniel Johnston tidak melulu janggal. Mereka bisa dijadikan sesuatu yang antemik dan dinyanyikan bersama teman-teman guna merayakan ironi.

Harmonika, gitar baja, para personel yang ikut bernyanyi, Wilco lewat aransemen bernuansa Country-nya berhasil menempatkan lagu ini pada tempat yang berbeda tanpa mengurangi rasanya.

 

Be the first to comment.

You must be logged in to leave a comment.

Related News

Gerak-Gerik Janggal Harlan Boer

Perbincangan dengan alien di suatu sore.

Andre&: Membangun Koneksi Emosional Lewat Musik

Obrolan santai sama salah satu finalis Tunes From Tomorrow.

Sore – Rubber Song (Official Video Clip)

Memasak secara komikal, dihidangkan dengan plot twist.