fbpx

Dok of The Day: Street Scenes

Karya Scorsese yang hilang.

Raging Bull? Hugo? Atau Taxi Driver? Mungkin kalian semua punya jawaban yang berbeda ketika harus memilih karya terbaik Martin Scorsese. Tapi yang jelas legenda hidup perfilman asal New York tersebut boleh dibilang sebagai salah satu yang terbaik. Paling tidak untuk dua generasi belakangan.

Daftar karyanya terbilang panjang. Baru-baru ini juga telah diunggah sebuah dokumenter karya Scorsese yang ia garap 4 tahun setelah menyelesaikan studinya di NYU Film School, tepatnya di tahun 1970. Setelah lama menghilang dan tidak pernah ditayangkan, film bertajuk “Street Scenes” tersebut kini bisa dinikmati di Youtube.

Fokusnya adalah aksi unjuk rasa mahasiswa dan masyarakat yang menolak perang Vietnam dari Wall Street, New York, serta unjuk rasa atas serangan Kamboja yang terjadi di Washington DC. Bersama para juniornya di NYU Film School, Scorsese mengambil inisiatif untuk mewawancara para pemrotes.

 


“Ketika saya menunjukan film itu kepada peserta, mereka membencinya. Mereka merasa dikhianati, mereka tidak mengenali apa yang mereka alami. Namun saya percaya bahwa film ini jujur.”

 

Aksi unjuk rasa di New York sempat berbuah kekacauan. Para demonstran diserang oleh pekerja bangunan yang mendukung perang. Sedangkan protes di Washington DC berujung damai. Dua kejadian tersebut disampaikan oleh Scorcese lewat proses editing yang ia lakukan sendiri selama 10 hari.

 

Be the first to comment.

You must be logged in to leave a comment.

Related News

Museum Hip Hop Mulai Dibangun Tahun Ini

Didirikan di The Bronx. Rumahnya kultur Hip Hop.

Bakal Rilis Film Dokumenter Suzi Q

Pionir rocker kaum perempuan bersuara!

Dok of the day: Break the Wall

Katalis Kota Beijing. Hehe

Lintas Jakarta-Bali untuk bapak

Bermodal motor tua dan tekad yang bulat.