fbpx

Dokumenter Tentang Miles Davis Telah Dirilis

Kisah hidup seorang revolusioner jazz yang kacau.

60 tahun yang lalu empat orang anggota NYC Police memukul seorang revolusioner jazz, Miles Davis saat ia sedang merokok di depan jazz club ternama, Birdland tempat di mana ia akan berpentas. Kasus rasis tersebut dengan cepat terekspos dan melahirkan perseteruan panjang antara masyarakat dan pihak kepolisian New York.

Miles Davis memang punya segudang kisah menarik untuk diceritakan. Menginspirasi Stanley Nelson, seorang sineas dokumenter yang sangat mafhum akan isu-isu rasisme kulit hitam untuk memproduksi dokumenter bertajuk ‘Miles Davis: Birth of The Cool.’

Judul dokumenter ini diambil dari titel album kompilasi karya-karya Miles yang dirilis oleh Capitol Records pada tahun 1957. Keputusan yang tepat, mengingat secara konteks dokumenter ini menceritakan tentang proses produksi karya-karya tersohornya. Dan secara teks, ‘Birth of The Cool’ adalah kisah eksistensi sosok yang mendobrak batas-batas kebebasan dengan determinasi tinggi di sepanjang hidupnya.

Dokumentar yang masuk dalam festival film Sundance 2019 ini menampilkan wawancara dengan beberapa legenda hidup seperti Jimmy Cobb, Lee Konitz, Herbie Hancock, Carlos Santana, hingga Flea dari Red Hot Chili Peppers. Tidak ketinggalan beberapa arsip foto dan video rumahan milik Miles yang akan membantu menjelaskan kisah hidup nya yang kacau.

Dirilis secara resmi pada hari ini, 23 Agustus 2019, ‘Miles Davis: Birth of The Cool’ adalah satu dokumenter musik yang nggak boleh terlewatkan. Termasuk bagi kalian yang merasa sudah tau banyak tentang Miles Davis.

 

Be the first to comment.

You must be logged in to leave a comment.

Related News

Dok of the day: Break the Wall

Katalis Kota Beijing. Hehe

Filmtypes: Database Film 35mm

Bikin eksplorasi jadi makin seru.

Rilisan Musik Pilihan Sepanjang Februari 2019

Dari Jakarta hingga Mississippi.

Film-Film SXSW 2020 Tetap Bisa Ditonton

Banyak yang bikin penasaran.