fbpx

Eksplor Instagram: Moses Sihombing

Akun-akun instagram fotografer favoritnya.

Ketertarikan nya terhadap fotografi bermula di tahun 1999, tepatnya ketika sang Paman mewariskan kamera Nikon FM2.  Sejak itu, Moses Sihombing menghabiskan waktunya untuk mengambil gambar lewat tustel. Hari ini, selain menjadi seorang fotografer paruh waktu untuk berbagai kebutuhan komersil, Moses juga merupakan figur di balik hasil-hasil dokumentasi Dipha Barus. Setidaknya dalam 2 tahun belakangan.

“I’m a part time photographer, and a full time daddy. Anak dan istri gue selalu jadi objek foto favorit gue.” Jawab Moses ketika ditanyakan perihal objek foto favoritnya. Namun untuk menjadi fotografer resmi tim sepak bola favoritnya, Persija Jakarta, akan selalu menjadi impian bagi Moses.

Kepada Frekuensi Antara, almamater Institut Kesenian Jakarta, Fakultas Film dan Televisi ini membagikan 4 akun Instagram yang menginspirasi dirinya dalam berkarya. Berikut daftarnya:

 

@therealmickrock (Mick Rock)

Seorang legenda, yang menurut Moses tidak lagi perlu dijelaskan alasan nya untuk masuk ke daftar ini. Pria yang dijuluki “The Man Who Shot the Seventies” ini adalah sosok dibalik foto-foto fenomenal dari sederet bintang rock dunia. Sebut saja David Bowie, Syd Barrett, Lou Reed, The Sex Pistols, Ramones, Roxy Music, Iggy Pop, Talking Heads, dan masih banyak lagi.

Sempat meraih penghargaan Diesel U Music Legends Award di tahun 2006, nama Mick Rock menjadi tersohor setelah menggarap klip video ‘Space Oddity’ milik David Bowie di tahun 1969, serta mengabadikan Freddie Mercury dan kawan-kawan untuk cover album ‘Queen II’ di tahun 1973.

@jordhughesphoto (Jordan Curtis Hughes)

“My work tends to follow my music taste – I still want to enjoy what I am doing and keep my photography fresh.” Berikut kalimat yang diutarakan Hughes dalam satu wawancara dan telah menginspirasi Moses.

Fotografer stage dan komersial kelahiran Midlands, Inggris ini sempat menduduki posisi ke-dua dalam perhelatan pertama penghargaan fotografi majalah NME. Kesuksesan tersebut ia raih atas kebolehannya memotret rapper Tinchy Stryder.

Belakangan, Hughes bekerjasama dengan Catfish & The Bottlemen dan Enter Shikari sebagai tur dan pers fotografer. Ia juga sedang memfokuskan dirinya sebagai fotografer potret untuk para musisi.

@kcmnac (Kevin Cummins)

Ketertarikan Moses terhadap sepak bola dan kota Manchester menjadi salah satu alasan masuknya Kevin Cummins ke dalam daftar ini. “Cummins menangkap momen-momen penting skena musik Manchester, dan karya-karya nya berhasil mendefinisikan sejarah kebudayaan kota tersebut.” Ungkap Moses.

Berbekal 4 tahun pendidikan fotografi di Salford, Manchester, Cummins sempat berkontribusi untuk beberapa media massa ternama, seperti The Times, The Observer, The Guardian, Esquire, Maxim, Elle, Vogue, Mojo, FourFourTwo, Sleaze Nation, dan The Big Issue.

Lewat akun Instagram nya Cummins kini aktif mengunggah foto-foto panorama kota, potret musisi, hingga aktifitas para hooligan. Dengan tone yang tidak terkesan ambisius, dan terkadang terasa dingin, kumpulan foto Kevin Cummins seperti menyimpan segudang cerita.

View this post on Instagram

Everton’s Wayne Rooney ©?Kevin Cummins

A post shared by Kevin Cummins (@kcmanc) on

@fanaticlive (FANATIC)
FANATIC telah menjadi kolektif fotografer yang sering memantik ide Moses dalam berkarya. Tepatnya setelah 2 tahun bersama Dipha Barus, dimana ia membutuhkan inspirasi perihal dokumentasi night life dan party.

Dibentuk oleh dua fotografer asal Inggris, Danny North dan Andrew Whitton, FANATIC kini telah menjadi tim fotografi andalan bagi festival-festival musik besar di tanah Inggris. Seperti Lost Village Festival, Tramlines Festival, dan masih banyak lagi.

Be the first to comment.

You must be logged in to leave a comment.

Related News

Rilisan Lokal Keren di Bulan Juni

Biar semangat digging karya lokal.

Eksplor Instagram: Regan H.

Akun Instagram random santapan Pemred kami yang jenius!

Dok of the day: Break the Wall

Katalis Kota Beijing. Hehe

Filmtypes: Database Film 35mm

Bikin eksplorasi jadi makin seru.