fbpx

Gerakanmu Menunjukan Karaktermu

Semacam sidik jari, unik dan berbeda-beda.

Mengikuti ritme dengan kaki, menganggukan kepala, sampai menggerakan pinggang. Ada banyak gerakan-gerakan yang dilakukan orang ketika mendengar dan menikmati musik. Semuanya berbeda-beda, seolah menjadi “sidik jari” kita yang khas.

Gerakan yang kita buat juga cenderung sama dalam merespon apapun genre musik yang kita dengar. Hal tersebut didapatkan dari hasil riset yang diadakan oleh Centre for Interdisciplinary Music Research di University of Jyväskyla, Finlandia.

Riset yang melibatkan motion capture technology tersebut sebenarnya diadakan untuk melihat mood, karakter, dan kemampuan seseorang untuk berempati lewat caranya menikmati lagu dalam gerakan. 73 partisipan dalam riset ini hanya diperintahkan untuk menikmati musik dengan natural, merespon berbagai genre musik yang diputarkan. Mulai dari elektronik, jazz, country, reggae, pop, hingga metal.

Hasilnya, respon berbeda terhadap ragam genre musik yang didengarkan tidak ditemukan. Algortima yang dipakai gagal dalam membedakan genre musik lebih dari 70% waktu penelitian. Namun justru sesuatu yang tidak disangka-sangka keluar sebagai hasilnya, komputer dapat mengidentifikasi dengan benar salah satu peserta yang menari 94% dari setiap saat, terlepas dari jenis musik apa yang diputar.  Pergerakan kepala, bahu, hingga lutut sesorang merupakan penanda penting dalam membedakan respon setiap individu. “Gerakan dansa seseorang adalah semacam sidik jari. Setiap orang memiliki ciri khas gerakan yang sama, apapun musiknya,” ungkap Pasi Sari, peneliti yang juga menulis hasil dari penelitian ini.

Be the first to comment.

You must be logged in to leave a comment.

Related News

Majalah The Face Bangkit Dari Kubur

Apakah bisa sukses menggandeng generasi millenial?

Perilisan Koleksi Exclusive Baru Dominate di 707

Masih kuat dengan influence dari tanah lawan Babylon.

Musik Tempo Cepat Bikin Kamu lebih Cermat Secara Keuangan

Mau lebih tajir? coba lebih sering denger lagu ngebut.

Panduan Singkat Mendukung Skena

Sederhana namun semoga membantu.