fbpx

Hitungan Biaya Hidup Dalam Jumlah Stream Spotify

Sebuah keuntungan Semu.

Beberapa bulan lalu teman dekat saya datang ke rumah untuk bercerita tentang keinginanya untuk keluar dari pekerjaan dan fokus pada bermusik. Jawaban saya sebagai teman yang suppotive hanya sebuah basabasi untuk mendukung cita-citanya untuk hidup dari musik. Di negara yang masih melihat seni sebagai hobi dan bukan mata pencaharian utama, hal itu jauh dari kata sejahtera.

Memang ada platform-platform musik digital seperti Spotify, Bandcamp, Soundcloud dan lain sebagainya yang menjanjikan revenue kepada para musisi. Dan para “musisi kamar” sering termakan dengan janji minimal $0,0001/stream. Parahnya, platform music digital sering memberikan contoh dengan jumlah stream yang banyak sehingga revenue terlihat menjanjikan.

Jadi saya bertanya-tanya berapa biaya hidup jika dihitung dalam jumlah stream musik kalian. Berjalan ke sebuah toko, mengambil satu kotak rokok, dan kasir akan mengatakan “Itu akan menjadi 311 stream” atau nongkrong di Coffee shop, “Ini 1.015 stream, terima kasih”.

Alex Leonard musisi asal Berlin yang sudah berkecimpung dalam industri musik benua eropa sejak 2003 baru saja memberikan informasi daftar biaya hidup sehari-hari nya. Saya pikir itu mungkin membantu untuk menempatkan sesuatu ke dalam konteks sedikit lebih, karena ketika Anda mendengar bahwa setiap aliran bernilai fraksi X satu sen, itu tidak benar-benar membantu memvisualisasikan apa yang sebenarnya berarti.

BEBERAPA KETENTUAN PADA ANGKA STREAM

Tentu saja angka-angka di bawah ini harus dipertimbangkan sebagai perkiraan. Jangan pergi ke toko dengan statistik Spotify Artists terbuka yang menunjukkan bahwa aliran 2000 yang Anda dapatkan bulan ini memberikan Anda sebotol anggur. Harga untuk masing-masing item adalah perkiraan yang sangat kasar hanya untuk memberikan gambaran tentang hal-hal dan sebagian besar diambil dari serangkaian harga sampel untuk biaya hidup di Berlin, Jerman. Saya telah mengambil angka upah minimum Jerman bulanan tarif per jamnya adalah € 9,19 dan untuk seseorang yang bekerja 40 jam seminggu. Demi kepentingan saya, saya menyertakan beberapa alat teknis untuk musisi, harga yang berasal dari mesin perbandingan harga atau Thomann.

Selain itu, jumlah aktual yang diperoleh per aliran sangat bervariasi, bahkan pada satu layanan. Untuk perhitungan ini, saya telah menggunakan angka dari 2018 dari label indie berukuran sedang yang menghasilkan hampir 1 miliar aliran per tahun (satu set data yang dianggap cukup akurat). Artikel sumber asli berakhir di The Trichordist. Jadi untuk data di bawah ini kami menggunakan $ 0,00331 sebagai penghasilan per aliran, dan itu dikonversi ke Euro dengan nilai tukar hari ini sebesar 1 Euro = $ 1,12. Jadi setiap aliran bernilai € 0,00296.

Terakhir, jika Anda membebaskan diri,Anda akan mendapatkan semua penghasilan (kecuali distributor digital Anda mengambil persentase), tetapi jika Anda menggunakan label, maka kemungkinan besar Anda akan memiliki penghasilan terbagi. Sekali lagi ini bisa sangat bervariasi tetapi demi argumen akan menganggapnya perpecahan 50/50 dan ini dengan anggapan distributor digital tidak mengambil persentase sebelum pemisahan itu!

ITU AKAN MENJADI BANYAK STREAM?!

Penasaran? Lihatlah gambar-gambar di bawah ini!

Itu tentu saja merupakan eksperimen yang membuka mata. Terutama mengubah hal-hal menjadi biaya hidup di Jerman. Hampir semua grafik yang saya lihat berbasis di Amerika Serikat, dan saya secara umum berpikir “Oh setiap stream bernilai 0,004” tanpa memperhitungkan tingkat aktual atau fakta bahwa pembayaran akan dalam US $ bukan Euro.

UNTUK PERBANDINGAN

Perlu dicatat bahwa pembayaran sangat bervariasi antar layanan, tetapi saya telah memilih Spotify karena mereka merupakan bagian terbesar dari pembayaran keseluruhan dan cukup identik sebagai layanan yang dipikirkan orang-orang ketika datang ke streaming musik.

Yang mengatakan, sistem “Content ID” YouTube sebenarnya menyumbang volume stream terbesar. Dan seperti yang akan Anda lihat di bawah ini, miliki tingkat pembayaran terburuk sejauh ini.

Ngomong-ngomong, untuk referensi saya telah menyusun satu tabel lagi dengan perkiraan jumlah aliran yang diperlukan untuk mendapatkan upah minimum bulanan di Jerman (€ 1.593) untuk setiap layanan utama. Sumber dan perhitungan sama dengan tabel pertama.

Tidak mencerahkan? Dan agak mengejutkan bahwa setiap pemutaran “ID konten” YouTube sama dengan jumlah keseluruhan 1/35 dari US $ CENT. Jika saya mendapatkan 12 juta drama sebulan di YouTube melalui label, saya yakin bahwa saya menjadi cukup terkenal dan penghasilannya jelas. Tidak begitu! Upah minimum untuk Anda!

PENUTUP

Saya mengerti bahwa ini adalah latihan yang sedikit aneh, dan tentu saja jika seorang artis mendapatkan 500.000 aliran per bulan di Spotify, ada kemungkinan besar mereka juga mendapatkan pemesanan pertunjukan langsung dan mungkin ada aliran pendapatan lain yang bekerja untuk mereka.

Dan saya belum pernah melakukan ini demi uang. Bahkan jika saya tidak mendapatkan satu sen pun dari membuat musik, saya masih akan melakukannya. Dan tanpa ragu saya menghabiskan lebih banyak untuk musik daripada saat ini menghasilkan (membeli unduhan, vinyl, CD dan membayar berlangganan streaming bulanan untuk kenyamanan / penemuan).

Tetapi saya perhatikan bahwa sebagian besar orang tidak tahu nomor streaming seperti apa yang diperlukan bagi seorang seniman untuk mulai mencari nafkah dari musik mereka, dan saya pikir itu adalah latihan yang masuk akal untuk memasukkannya ke dalam konteks.

Jadi lain kali Anda mengambil 12 bungkus bir, ingat artis favorit Anda akan membutuhkan Anda untuk mengalirkan musik mereka 3.370 kali agar mereka dapat melakukan hal yang sama. Untuk konteks, saya mendengarkan banyak musik dan saya mungkin mengalirkan musik sebanyak itu selama sepertiga tahun. Dalam 13 tahun saya telah mendengarkan Autechre 7.380 kali. Apakah hiburan sebanyak itu hanya bernilai 24 bir?

Apa yang bisa kamu lakukan? Anda dapat membeli langsung dari mereka di Bandcamp. Atau beralih ke layanan streaming yang membayar lebih dari Spotify. Tentu saja pergi ke pertunjukan dan membeli merch di acara itu juga sangat membantu!

Dan tolong, jangan gunakan YouTube sebagai sumber utama hiburan musik … Anda harus mengulangi lagu artis favorit Anda 24/7 selama 48 tahun agar mereka mendapatkan upah minimum sebulan …!

Be the first to comment.

You must be logged in to leave a comment.

Related News

Tiga Tahun Setelah Lo-Fi House Merajai Youtube

Apa yang sebenarnya menarik dari Lo-fi House?

Kenapa Digging Lagu di Youtube?

Dan rekomendasi channel-channel Youtube buat dikulik.

Harta Terpendam Motown

60 lagu Motown yang belum pernah dirilis.

Rilisan Jumat: Nas – The Lost Tapes II

Rapper Veteran keluar kandang.