fbpx

Mix Dalam Negeri Pilihan Dari Tahun 2019

Mix dari DJ dalam negeri yang mewarnai tahun 2019.

Di tahun 2019 ini saya ngelihat sejumlah DJ atau kolektif DJ yang cukup produktif bikin mix. Banyak sekali mix ciamik setiap bulannya yang dirilis melalui serial podcast, program online radio, hingga pengarsipan serta live set mereka.

Dan sebagai penikmat, iseng-iseng saya pengen mention beberapa mix dalam negeri yang saya suka. Siapa tau bisa kalian dengerin buat tahun baruan di rumah. Dari disko, house, techno, hingga bass music, berikut adalah daftar mix yang juga saya anggap bisa merepresentasikan landskap skena musik elektronik underground kita tahun ini.

 

Barshow 017: Gero (Pesona)

Gero selalu menjadi pilihan terbaik ketika ingin menggerakan badan tetapi tidak terlalu liar. Caranya memutarkan musik disko dengan element house yang kental lalu di-mix dengan halus memang pantas diancungi empat jempol. Di barshow milik Slits ini, Gero memainkan nomer dari Mandy Smith, Ed Longo & The Applied Arts Ensemble, Manabu Nagayama & Soichi Terada.

 

PADYGROOVES : 044 MAIRAKILLA

Lupakan kalau Mairakilla adalah anak dari DJ legendaris Bali. Diluar dari warisan Bapak nya, mixtape ini sungguh berenergi dan mengambarkan musik Mairakilla. Dibuka dengan lagu chiptunes dengan broken beats dan berlanjut dengan anthem house 2000-an hingga techno lalu bass music. Semuanya tersaji dalam mixtape ini.

 

Resonan Mix: Kodim Inna Riddim / live at OPTIMAL DISTRICT 2019

Koddim Inna Riddim adalah ‘dubside’ dari Diskoria, duo yang mempopulerkan lagu Indonesia di lantai dansa Ibukota. Aat dan Merdi memang kolektor musik Dub dan Reggae, sayang koleksi lagu Jamaika mereka jarang keluar dari kamar. Ketika memiliki kesempatan untuk dimainkan, lagu-lagu tersebut meluluh lantakan lantai dansa Optimal District.

 

House Cartel Podcast #008: Herdan (energyroom)

Nama Herdan mungkin tidak sebesar Noor dan Wachid ketika bicara Enegyroom tapi pilihan lagu miliknya tidak bisa dilihat sebelah mata. Darkdisko, house, Techno di campurkan menjadi satu perjalanan yang dalam serta groove yang memikat.

 

False Neutral Mix : Bagvs

2019 bisa jadi milik DJ asal Bandung ini. Namanya muncul setiap minggu di flyer party baik di Jakarta ataupun Bandung. Mungkin banyak yang mempertanyakan musik yang dia mainkan Disco, House, dan Techno masuk dalam perputakaan musiknya, tapi sesungguhnya dia adalah junglist sejati, terdengar dari mixtape ini  yang kental beat-beat DnB.

 

 

MX 004 Bast Cultura Daging, Data, dan Cairan

Seperti tagline mereka” Insyallah ban66er” mixtape dari kolektif satu ini memang merepresentasikan diri mereka. Padat akan elemen bass, mulai dari techno, breaks,DnB, dan apapun yang mengetarkan speaker akan mereka mainkan.

 

#NR170 Discography Special – Africa Bubblegum with Munir

Urusan lagu-lagu santai seperti City pop, Japanese pop, Synth pop, hingga boogie nama Munir adalh jagoan nya. Pada mix yang dibuat untuk Norrm Radio ini, Munir bermain sedikit berbeda dengan mengeluarkan koleksi lagu-lagu Afrika miliknya.

Be the first to comment.

You must be logged in to leave a comment.

Related News

Tiga Tahun Setelah Lo-Fi House Merajai Youtube

Apa yang sebenarnya menarik dari Lo-fi House?

Virgil Abloh Bagi-bagi Mixer Custom ke DJ-DJ

Berkah Ramadhan datang lebih cepat dari untuk DJ-DJ

Resonan Mix: Barakatak Di Pesta Halloween

Tampil di kota kembang, Barakatak menampilkan set yang berbe...