fbpx

Mobil Konsep BMW Garmisch Lahir Kembali

Design mobil 1970-an yang elegan tapi edgy

Biasanya kalau mobil konsep dan design yang ikut pameran mobil tidak lama setelahnya hilang selamanya. Dikarenakan dari pihak pembuatnya dan studio designnya hancurkan mobilnya atau menggunakan casis-nya untuk yang lain. Yang dulu-dulu mobil pameran yang masih eksis dalam kondisi baik biasanya di museumkan atau jatuh ke tangan kolektor pribadi, bisa juga hilang ditelan bumi. Hampir tidak pernah dalam sejarah ada cerita pembuat mobil membuat ulang mobil konsep yang sudah satu abad menghilang.

Marcello Gandini, seorang designer mobil handal yang bertanggung jawab dalam design mobil konsep BMW Garmisch di tahun 1970 diajak kembali oleh Senior Vice President bagian BMW group design Adrian van Hooydonk, dimana ia menemukan foto mobil ini yang sudah usang termakan usia, terenyuh untuk lahirkan kembali di Concorso d’Eleganza Villa d’Este. 


 

Ide orisinilnya datang dari Nuccio Bertone yang bertujuan untuk konsolidasi kerjasama dengan BMW, tepatnya pada waktu Geneva Motorshow 1970 dimana Garmisch pertama kali di pamerkan, waktu itu Gandini kirim proposal designnya ke Studio Bertone. Awalnya Gandini ingin menciptakan sedan yang modern berukuran sedang tapi dinamis dan provokatif. Hasilnya menampilkan design yang ‘clean’ dan menawan, masih dengan gaya BMW radiator grill yang vertikal dengan lampu yang kotak. Detil lainnya yang merupakan ciri khas Marcello Gandini adalah penutup kaca belakang dengan pattern sarang lebah.

Untuk interiornya ada sentuhan elegan dengan kulit sapi ‘piemonte’ yang berwarna kuning kecoklat-coklatan . Yang paing keren posisi radio yang vertical berada di konsol bagian tengah dan cermin lipat di kursi penumpang depan, kali-kali gebetan mau ngaca sebelum pergi dugem. Nama Garmisch sendiri diambil dari pegunungan salju di Jerman karena main ski sangat popular di Italia pada zaman itu.

Di proyek ini BMW membangun tim yang dibentuk grup design dan departemen bagian klasik BMW dimana revitalisasi detil exterior dan interiornya mengacu pada dokumentasi asli pada waktu mobil dibuat di Turin 50 tahun lalu. Pada masa proses riset dan pembuatan Gandini sendiri sangat berkontribusi berbagi tips-tips dari ingatannya, tim design BMW yang menggunakan teknologi 3D untuk ‘melahirkan’ mobilnya di tempat yang sama.


 

 

Be the first to comment.

You must be logged in to leave a comment.

Related News

Memadai Pendengar Psytrance di Jakarta dengan Natura

Lantunan suara bass dan kick konstan berdegup cepat seperti gemuruh suara kaki k...

OPTIMAL : Frekuensi Antara Launch Party

Keramaian dan kemacetan pada Minggu malam di Jalan Taman Kemang, 7 Juli lebih op...

Apa dan Bagaimana Musik Elektronik Tumbuh di Kota Bandung?

Musik elektronik di Kota Bandung yang berkembang berkat akses media, koneksi Ban...

Xeroxed 5×2: Pasukan Cetak yang Mulai Menggeliat

Belakangan ini, dunia percetakan dan penerbitan kelompok kecil kembali bermuncul...