fbpx

Museum Hip Hop Mulai Dibangun Tahun Ini

Wah, kayaknya bakalan keren banget nih.


Semua dimulai pas Clive Campbell alias DJ Kool Herc bikin pesta ulang tahun untuk sang adik, Cindy Campbell pada Agustus 1973. Tepatnya di The Bronx, wilayah utara New York. Titik dimana perjalanan musik Hip Hop dimulai.

Cerita soal hari besar itu sepertinya bakalan bisa jadi konsumsi anak cucu kita nanti. Soalnya mulai tahun ini di wilayah tersebut sedang didirikan The Universal Hip Hop Museum. Yang rencananya akan dibuka di tahun 2023, bertepatan dengan 50 tahun dimulainya sejarah musik Hip Hop.

Emang enggak bisa dipungkirin, Hip Hop sudah dimaknai sebagai harta kultural yang harus dijaga, dan menjadi salah satu label yang lekat dengan New York. Hal itu pastinya yang mendasari terpantiknya inisiatif Departemen Pendidikan New York untuk mendirikan The UHHM. Bersama dengan nama-nama generasi awal penggagas musik Hip Hop, seperti Kurtis Blow, Ice-T, LL Cool J, dan Chuck D, yang didapuk sebagai chairman atas proyek ini.

Museum di tepi Sungai Harlem ini rencananya bakalan dipenuhi dengan berbagai teknologi interaktif yang canggih. Tentunya buat mendukung berbagai program seperti eksebisi, pertunjukan musik, pemutaran film, laboratorium demonstrasi, dan masih banyak lagi. Salah satu yang paling menarik adalah fasilitas dimana pengunjung bisa merekam musik hingga bikin graffiti yang langsung tersambung dengan iPad dan proyektor ke eksterior bangunan.

Hingga saat ini proyek ambisius setinggi 60.000 kaki tersebut masih membutuhkan donasi berupa dana atau memorabilia Hip Hop berharga yang kiranya bisa jadi bagian dari koleksi The UHHM. Nah, bicara soal koleksi, kayaknya The UHHM harus coba ngerayu Grandmaster Caz deh. Soalnya legenda rap yang satu ini punya segudang artefak seputar Hip Hop di rumah nya di Bronx. Asli, keren-keren banget.

Be the first to comment.

You must be logged in to leave a comment.

Related News

Pilihan Tembang Protes Paling Melantai

Kurang seru demo tanpa lagu

Pintu Ikonik Club Tresor, Berlin Dimuseumkan

Sebuah sejarah seberat 3,5 ton.

Wu-tang clan akan segera merilis seri dokumenter

Mengupas habis kehidupan sembilan anggotanya.

Titik-Titik Terang Dari 2018

Cerita-cerita baik di tahun 2018.