fbpx

Pilihan Cover Version Lagu Bob Marley Yang Patut Disimak

Selamat ulang tahun, Tuff Gong!

Berbagai cara dilakukan biar karya-karya para legenda tetap abadi. Dalam hal bermusik, merekam cover version adalah salah satu hal yang kerap dilakukan.

Seperti halnya Bob Marley, sang penginjil reggae yang agung, yang karya-karyanya selalu dirasa relevan untuk disiarkan sebelum dunia sampai di titik kedamaian yang sempurna. Pesan-pesan nya yang dilagukan hingga hari ini banyak kembali dibawakan oleh para musisi. Dan merayakan hari ulang tahun nya yang ke-75, saya memilih beberapa cover version lagu-lagu sang Tuff Gong yang pantas buat disimak.

 

Deodato – I Shot the Sheriff (1976)

Di tangan pianis dan komposer asal Brasil ini, nomor klasik dari penghujung abad 19, “Also Sprach Zarathustra” pun bisa disulap jadi lagu funk yang seru. Makanya enggak heran kalau “I Shot the Sheriff” bisa ia bawakan ulang dengan sangat apik. Brazilian funk dengan selipan rim shot, membuat cover version ini terdengar sangat festive.

 

The Postmarks – Three Little Birds
Entah kepada siapa lagu ini ditulis Bob Marley. Sahabatnya, Tony Gilbert yang ada di sebelahnya saat menuliskan lagu ini sih bilangnya Bob terinspirasi dari burung-burung yang biasa terbang di sekitar rumahnya. Tapi tiga vokalis latar perempuan Marley bilang kalau sebutan itu sebenarnya adalah untuk mereka.

Yang jelas dari liriknya “Three Little Birds” sudah lama kita kenal sebagai karya yang dapat memberikan sugesti baik untuk mengabaikan resah. Dan The Postmarks, unit indie pop asal Florida membuatnya jadi lagu yang semakin ampuh untuk menenangkan, meski tidak terdengar seoptimis versi Marley.

 

The Chequers – Get Up, Stand Up
Dirilis di tahun 1976, hanya berselang satu tahun setelah Bob Marley melepas versi asli dari “Get Up, Stand Up”. Lagu yang ditulis Bob Marley untuk menyemangati masyarakat Haiti yang mengalami kemiskinan ini disulap The Chequers jadi track disko berbalut flanger yang seru dengan bassline-nya ikonik “Get Up, Stand Up” sebagai tulang punggungnya.

 

Moodswings – Redemption Song (Oh Happy Day)
Salah satu lagi Bob Marley paling populer untuk dibawakan ulang. Mulai dari Eddie Vedder, Beyonce, hingga Johhny Cash, dan Joe Strummer pernah merekamnya.

Namun melepas “Redemption Song” dari kodratnya sebagai lagu akustik bukan hal yang gampang. Moodswings adalah salah satu yang berhasil. Bukan hanya membawakannya dalam versi elektronik, duo pengusung musik ambient dan down tempo asal Inggris ini juga menggunakan potongan lagu rohani klasik “Oh Happy Day” yang berhasil membuat “Redemption Song” versi mereka terdengar seperti sebuah perayaan diujung usaha perlawanan.

Be the first to comment.

You must be logged in to leave a comment.

Related News

Suzanne Kraft: Beberapa Lagu Pilihan Frekuensi Antara

Biar dengerin dulu lagu-lagunya sebelum nonton doi.

Rilisan Musik Pilihan Sepanjang Februari 2019

Dari Jakarta hingga Mississippi.

Dari dan Untuk Daniel Johnston

Cover version lagu-lagu Daniel Johnston yang wajib disimak.