fbpx

Pintu Ikonik Club Tresor, Berlin Dimuseumkan

Sebuah sejarah seberat 3,5 ton.

Skena musik House dan Techno di negara Jerman terbilang sangat kuat. Banyaknya klab-klab malam yang menjual dua genre musik tersebut telah menjadi salah satu nilai jual kehidupan malam di Berlin, Jerman- dan salah satu pionir dari klab-klab House dan Techno tersebut adalah Tresor.

Tresor yang berarti lemari besi, merupakan sebuah klab malam dan juga sebuah record label yang berdiri pra perang dingin pada awal tahun 1990-an. Dua tahun sebelumnya, sebuah label musik bernama Interficsh yang didirikan oleh Dimitri Hegemann membuat sebuah klab malam bernama UFO pada tahun 1988. Tetapi dikarenakan adanya permasalahan keuangan, Hegemann terpaksa menutup UFO pada tahun 1990. Tresor merupakan manifestasi dari Hegemann dalam melanjutkan UFO yang dijuluki sebagai “The center of Berlin’s House and Techno music”.

Klab tersebut juga terkenal dengan pintu besi yang beratnya hampir mencapai 3.5 ton dan telah berdiri sejak akhir abad ke-19. Sebelum Tresor menjadi sebuah klab, gedung tersebut merupakan sebuah department store yang bernama Wertheim. Yang kemudian direstorasi oleh Hegemann untuk menjadi sebuah klab. Setelah klab tersebut bertahan sampai dua dekade, akhirnya Hegemann memutuskan untuk menutup Tresor pada tahun 2005 dikarenakan pihak Tresor kerap melakukan penyewaan jangka pendek dan memutuskan untuk tidak melanjutkannya lagi.

Pada tahun 2019, pintu tersebut akan dipamerkan dalam sebuah museum yang bernama Humboldt Forum Berlin Museum yang berlokasi di Berlin. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan sebuah cuplikan mengenai masa lalu dari kota tersebut. Hegemann meminjamkan pintu tersebut yang akan buka pada tahun 2020, dan Hegemann sendiri mengatakan bahwa pintu tersebut merupakan sebuah simbol dalam sebuah era dimana Jerman dipersatukan kembali setelah runtuhnya Tembok Berlin pada tahun 1989.


 

Tresor-door-berlin-humboldt-forum-exhibition-itsnicethat-02

Hasil gambar untuk tresor berlin club


Tonton dokumenter satu ini untuk tahu lebih banyak tentang Tresor!

Be the first to comment.

You must be logged in to leave a comment.

Related News

Kalau Profesi DJ Diganti Robot

Gantungkan headphonemu, saatnya giliran robot jadi DJ

Museum Hip Hop Mulai Dibangun Tahun Ini

Didirikan di The Bronx. Rumahnya kultur Hip Hop.

This Belongs in a Museum: Platform Investasi Alternatif

Kapan lagi punya saham di benda-benda langka ini?

ACIDBEX: Body Mystic

Elektronik sayap kiri perihal Mesias palsu di akhir zaman.