fbpx

Tongkrongan Legendaris Glen E. Friedman

Dan hasil jepretan pada masa mudanya

Hanya dengan modal kamera saku Instamatic dan nongkrong bareng, Glen E. Friedman mengabadikan lahirnya sebuah subkultur. Tidak dipungkiri lagi kalau abang-abangan skateboard DogTown dan Zephyr ini adalah sosok yang bikin skateboard jadi sebuah budaya yang lebih dari sekedar olahraga saja. Glen yang awalnya main skate di halaman sekolah bertemu dengan crew ini sampai akhirnya nongkrong bareng para legendaris ini.

Glen mulai mengenal dunia fotografi pada saat masih di bangku SMP. Ia mengambil kelas fotografi, dari situ mulai motret-motret selagi main skate dan coba mengirimnya ke Skateboarder Magazine, tetapi dikembalikan karena bukan slide dan cuci cetak warna hitam putih. Walaupun dapat nilai D di kelas fotografi tapi paling tidak sudah dapat ilmu dasarnya. Sampai akhirnya Glen memmberanikan diri untuk pinjam kamera 35 mm milik temannya dan menemukan kolam renang kosong untuk main. Dari situ Jay Adams diajak untuk main dan tertarik banget untuk difoto, lalu untuk pertama kalinya dipublikasikan.

Selain nongkrong bareng, Glen juga berhasil memperkenalkan kru legendaris ini ke majalah. Karir fotografinya pun ikut melegenda sampai sekarang. Dari merekam sejarah skateboarding sampai nama-nama besar di budaya punk dan hip hop, seperti Beastie Boys, Black Flag, Run D.M.C, L.L Cool J, Minor Threat, dan banyak lagi. Nggak ketinggalan Tony Alva, Stacy Peralta, dan anak-anak Dogtown and Z Boys lainnya juga nggak ketinggalan.


 

Peggy Oki skateboarding

skateboarder in dog bowl

kid biting badlands license plate

skateboarding policeman

smoking at the pool

Be the first to comment.

You must be logged in to leave a comment.

Related News

Filmtypes: Database Film 35mm

Bikin eksplorasi jadi makin seru.

Pameran Foto Stanley Kubrick Muda

Melihat dari sudut pandang sinematik sutradara legendaris

Eksplor Instagram: Moses Sihombing

Akun-akun instagram fotografer favoritnya.

Loci Memoriae: Catatan Ingatan Kurniadi Widodo Bersama LIR

Hanya bagian arsip foto saja yang berwarna, karena Wid tidak...