fbpx

Track Lokal Favorit Dari Tahun 2019

Untuk merayakan rilisan-rilisan keren sepanjang tahun ini!

Sebelum menjadi 10 nomor, saya telah mengumpulkan lebih dari 30 lagu untuk dimasukkan ke dalam daftar ini. Objektivitas ditantang habis-habisan untuk menyortir lagu-lagu yang semuanya sudah saya anggap spesial.

Yang jelas daftar lagu-lagu favorit  ini mencoba memuat karya-karya dari berbagai genre dan gaya bermusik yang ditawarkan. Dari , psikedelik yang epik hingga track bergaya dark disco dengan muatan perlawanan.

Lagu-lagu ini tidak diurutkan dalam peringkat, melainkan secara acak. Semoga di tengah gelombang besar solois-solois pop di bawah naungan indie label yang meledak di sepanjang tahun 2019 daftar ini bisa jadi rekomendasi yang memuaskan para penikmat musik, dan inpirasi bagi para musisi.

 

Dirty Ass – Sunat Akal Massal
Lewat ‘Sunat Akal Massal’ band asal Tangerang ini berhasil melagukan protes dan amarah dengan singkat dan padat. Dan selama unsur oligarki masih bertahan di pemerintahan, lagu ini akan selalu relevan.

 

A Fine Tuning Creation – Layangan Bunyi (Pentatones Version) B

Sebagai seorang instrumentalis, Aryo Adhianto (A fine Tuning Creation) telah berhasil meramu formula musik yang terbilang orisinil. Dan ‘Layangan Bunyi’ adalah karya terbaik yang pernah ia rilis. Track bergaya ambient/electronica ini dilepas dalam dua versi, yakni versi pentatones dan piano.

 

Mad Madmen – Mad Mad Woman

Trio pendatang baru dengan musikalitas yang bikin geleng-geleng kepala. Namun lewat single ‘Mad Mad Woman’ mereka berhasil mempresentasikan kecanggihan bermusik yang terkesan ringan dan bahkan lucu.

 

Mantra Vutura –  Bank of The River (feat Elda Suryani)
Lagu terbaik dari debut album Mantra Vutura, ‘Human’ yang melibatkan banyak kolaborator. ‘Bank of The River’ adalah lagu pop bergaya megah yang mudah disukai dari pertama kali mendengarkannya.

 

Aditya Permana – Dewan Revolusi
Jika punk dilihat sebagai terminologi atas sesuatu yang bersifat melawan, ‘Dewan Revolusi’ jelas merupakan salah satu bentuk karya dari spirit tersebut. Lagu ini bukan hanya berpotensi untuk memperapikan lantai dansa, tapi juga mendorong demonstran untuk lebih berani maju ke garis depan.

 

PARLEMEN POP – Gairah Hasrat
Tren Indodisko bertahan lebih lama dari perkiraan. Di saat banyak penikmat musik menggali lebih dalam ke akarnya,  beberapa produser memilih bertindak sebagai perpanjangan tangan dari fenomena ini. Seperti halnya Randy MP, yang lewat proyek Parlemen Pop merilis ‘Gairah Hasrat’, tembang groovy bernuansa lawas yang cocok didengarkan saat memilih tempat nongkrong di sepanjang Senopati.

 

Greybox – Green Kit Kat (feat. Tara Basro)
Sepertinya Tara Basro harus mulai meluangkan lebih banyak waktunya untuk masuk studio. Mengingat lewat lagu ‘Green Kit Kat’ yang sangat catchy Tara berhasil mempertunjukan karakter suaranya yang unik.

Single ini juga kembali memantapkan Greybox sebagai produser yang tidak pernah kehabisan akal dalam membuat hook yang seru.

 

Texpack – Gadog (feat Edo Wallad)
Tidak perlu ke Gadog untuk mengerti apa yang Edo Wallad ceritakan. Karena di sana pun akan terasa sama, absurd. Tidak perlu juga berusaha mengerti kata-kata tersebut, toh lagu ini sudah begitu mudah untuk dinikmati.

Spoken word Edo terasa sangat padu dengan permainan santai Texpack yang jadi suara latarnya. Seperti mempertemukan petikan gitar yang bisa menyegarkan pagi dan celoteh nyeret temanmu yang masih basian.

 

Sigmun – Minotaur 

Jika dibandingkan dengan seluruh materi album ‘Crimson Eyes’ yang dilepas di tahun 2015, lagu ‘Minotaur’ mungkin terdengar jauh lebih ringan. Namun tanpa sedikitpun keluar dari ciri khas mereka ‘Minothaur’ menyimpan semua elemen yang tepat untuk menjadi hit single  ala Sigmun. Ia dramatis, mengayun, dan mudah dinyanyikan.

 

Sattle – Lekas Sembuh (feat. Santosh)

Cukup disayangkan kalau Sattle tidak pernah punya kesempatan untuk mempresentasikan secara live materi-materi dari EP ‘Heuristic’ nya. Karena sebagai DJ yang tampil di acara dansa-dansi mungkin tidak ada waktu yang tepat untuk memainkan versi original dari lagu seindah ‘Lekas Sembuh’.

 

Be the first to comment.

You must be logged in to leave a comment.

Related News

Mix Dalam Negeri Pilihan Dari Tahun 2019

Mix dari DJ dalam negeri yang mewarnai tahun 2019.

MVRCK Rilis Single Baru

Hajar dua track sekaligus.

Rilisan Baru: Abirowo-Howl!

Alunan disco underground mengawang!

Radio Langganan Wok The Rock

Stasiun-stasiun radio pilihan Mas Wok.