fbpx

Video Dokumenter Aretha Franklin Akan Segera Dirilis

Ode untuk Queen of Soul.

Setelah 46  tahun setelah rilisnya ‘Amazing Grace’, album fenomenal milik mendiang Aretha Franklin, lahir lah sebuah insiatif untuk merilis dokumenter perjalanan hidup sang Queen of Soul. Dimana film ini akan menayangkan proses rekaman ‘Amazing Grace’ yang terjadi di new Missionary Baptist Church, Los Angeles.

Sebenarnya pada tahun 1972 film ini sudah ingin ditayangkan, sayang Warner brothers selaku distributor membatalkan proyek tersebut. Namun setelah  bertahun-tahun hilang akhirnya Alan Elliott sang produser membeli gulungan film rekaman tersebut dari Warner Brothers pada 2007.

Gulungan film asli ‘Amazing Grace’  masih memiliki banyak kekurangan, seperti tidak sinkron nya audio dan visual. Setelah akhirnya berhasil disunting dan siap tayang pada 2014 di sebuah Festival, Aretha Franklin justru secara blak-blakan menolak untuk penayangan nya. Alasan nya? Sederhana, menurutnya rekaman itu hanya seperti pidato.

Banyak hal yang membuat film ini wajib dijadikan tontonan, seperti latarnya yang sangat sederhana di New Missionary Baptist Church dengan dinding putih belakang mimbar dan langit-langit gereja yang rendah. Nomor milik Marvin Gaye ‘Wholy Holy’ didaulat menjadi pembukaa dalam dokumenter ini. Aretha yang ditemani Paduan Suara Komunitas California Selatan mengubahnya menjadi antem klasik. Perasaan menyentuh langsung terasa.

Selain itu Gaun yang dipakai Aretha pada malam itu juga spektakuler, membuat Aretha seperti bidadari. Belum lagi keringat yang menetes ke gaun nya, memberi warna warni di layar. Momen terindah dalam dokumenter ini adalah ketika Aretha bersama bersama paduan suara menyanyikan lagu legendaris ‘Amazing Grace’ dan ‘Never Grow Old’. Suara Aretha menyentuh begitu banyak resonansi tinggi sehingga anggota paduan suara, yang duduk di sebagian besar konser, secara spontan berdiri dan bersaksi bersama Sister Franklin.

“TIDAK ADA yang telah menyiksa jiwa saya lebih dari sekadar mengetahui salah satu momen TERBESAR yang tercatat dalam sejarah Injil hanya akan duduk di rak dan mengumpulkan debu,” tulis Questlove dalam posting Instagram yang panjang beberapa tahun yang lalu, mengenai nasib Amazing Grace yang menyedihkan.

Be the first to comment.

You must be logged in to leave a comment.

Related News

Kru Graffiti BTV di Podcast Terbaru GOODNWS

Dalam edisi terbaru podcast #SAYGOODNWS, Goodnws mengundang beberapa anggota kru...

Peristiwa Menonton dengan Semangat Kolektivitas: Café Society

Menghidupi apresiasi film dengan Ruang MES56, Bakudapan, dan Forum Film Dokument...

Kalau Kalian Belum Ke Pameran PARIPURNA di RUCI Art Space Mending Sekarang

DIVISI 62 berkolaborasi bersama RUCI Art Space dalam mempersembahkan sejumlah ka...

Visualisasi Lagu dengan Fotografi bersama Bikin Ruang

Bikin Ruang menggelar pameran foto dengan tema visualisasi lagu, berkolaborasi d...